Tuesday, February 21, 2017

Polymer Clay Cernit

Hi, 

Hari ini saya mau info soal polymer clay terbaru yang sekarang sudah ada di Indonesia. 
CERNIT namanya. 
Seperti yang kita ketahui, polymer clay adalah clay yang terbuat dari bahan dasar polymer dan harus dioven untuk mengeraskan clay ini. Polymer Clay yang sudah ada di Indonesia sudah lumayan nih sekarang, ada Fimo, Premo (Sculpey), MOFA dan sekarang CERNIT. Masing-masing punya sifat dan keunggulannya sendiri.


CERNIT harus dioven dengan suhu 130 derajat Celcius selama 30 menit. Warna-warna yang diproduksi cernit cukup lengkap. Ada yang Opaque (disebut seri number one), Translucent, Glamour (metal effect/ pearl effect), Neon, dsb.

Yang saya suka dari clay ini:
Yang pertama, clay ini cukup empuk ketika diconditioning (istilah mudahnya: diuleni) menggunakan tangan. Jadi tidak perlu pakai tenaga besar dan tidak menghabiskan waktu kita. Karena empuknya ini, clay ini mudah dibentuk.

Yang kedua, CERNIT bersifat agak kenyal ketika dibentuk, ini relatif sebenarnya. Tapi dibandingkan dengan brand lain saya merasa cernit sedikit tidak mudah lengket2/lumer di tangan. Hm.. tapi ini tergantung tangan kita ya, hangat atau tidak. Kalau tangan kita hangat kita bisa membiarkan clay ini dulu beberapa supaya tidak terlalu empuk. so far, bagi saya clay ini enak digunakan dan hasilnya cukup elastis setelah dibaking (ingat, temperaturnya dan waktunya harus benar ya).

Yang ketiga, adalah pigmen warnanya. Memang cernit setelah dioven warnanya menjadi lebih tua, ini butuh latihan dan feeling kita di dalam pencampuran warna. Tapi saya jujur suka dengan pigmen yang ada di tipe translucentnya. Ini adalah contoh raspberry yang saya buat dari translucent red-nya CERNIT. 
raspbery by KuroHouseofCraft
Ohya, waktu itu saya juga bikin miniatur nasi kuning dari cernit translucent yellow. Hasilnya mantab bener-bener mirip warna nasi kuning. Dan bagi yang suka bikin fairy-fairy..silahkan deh coba cernit translucent white untuk bikin sayapnya. 

contoh translucent CERNIT


Nah berikutnya adalah porcelain likenya cernit, hmm..ini keunggulan utamanya sih. Kalau kita sering main airdry clay sejenis flower clay (thai clay, cold porcelain, modena, dsb), CERNIT hasilnya adalah porcelain like finish. Contoh figure (kepala) yang kubuat menggunakan cernit klik di sini, hasilnya sangat memuaskan. Warna kulit yang ada di situ, kucampur antara white 010 porceline like, number one flesh 425 dan warna almond 744. Ohya clay ini cukup enak lho disculpt.



Tipe White CERNIT 010 Porcelain dan 027 Opaque

Segini dulu penjelasan saya soal CERNIT ya, karena belum sempat cobain macem-macem lagi. Bagaimanapun seneng banget ada polymer clay baru yang masuk ke Indonesia. Kabar gembira banget buat yang suka bikin jewelry, flower, figure, miniatur dan sebagainya.
Bagi yang mau info lebih banyak boleh ke facebook saya album cernit atau kirim email ke kuroshoppu@gmail.com untuk pemesanan, nanti saya akan kirim catalog dan pricelistnya. 
Terimakasih ^ ^ Happy Crafting

Polymer Clay CERNIT @ KuroHouseofCraft

No comments:

Post a Comment