Saturday, December 28, 2013

Zuppa Soup Recipe (Cream Chicken Mushroom with Puff Pastry)

Zuppa Soup Recipe (Cream Chicken Mushroom with Puff Pastry)

Libur telah tiba, saatnya kita menuju akhir tahun 2013 dan menyambut tahun baru 2014. Kebetulan kemarin saya mampir ke toko bahan kue, tadinya cuma mau beli coklat untuk bahan cookies, eh begitu selesai bayar di kasir lihat pastry sheets beku dikeluarin dari kardus. Harganya cukup murah daripada beli di mall, ukuran 20 x 20 cm2 sebanyak 10 sheets Rp.20.000 Hm..langsung kebayang buat bikin cream soup karena duo keponakan juga sedang menginap di rumahku. Baiklah ini resepnya: (semoga suka ya)

Bahan: 
- 4 Pastry Sheets + 1 kuning telur untuk olesan
- 1 bawang bombay ukuran 5-6 cm, potong halus
- 2 bawang putih
- 1/4 buah pala (parut halus)
- 1/2 ons jamur kancing segar, potong per 3 mm
- 1 (sepasang) dada ayam kampung filet, potong dadu
- 3-4 sdm tepung terigu (+ 2 sdm maizena), larutkan dengan 1 gelas air 
(tips: jangan memasukan tepung kering langsung ke dalam kuah soup, tepung harus dilarutkan dulu supaya tidak menggumpal)
- 5-6 sdm susu bubuk, larutkan dengan 1 gelas air (atau 250 ml susu segar)
- 1.5-2 gelas air
- 1 buah jagung manis segar (jika mau ditambah potongan wortel its ok)
- 4 sdm olive oil (kalau tidak ada gantikan dengan 2 sdm minyak sayur)
- 1 sdm butter (atau 1 sdm mentega biasa)
- 1 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk

cara membuat:

1. (set api sedang, jangan terlalu besar) Tumis dengan olive oil bawang bombai dan bawang putih sampai agak harum, lalu masukan potongan ayam dan jamur, tumis sampai harum, masukan susu segar, aduk terus hingga mendidih, tambahkan larutan tepung (jika kurang kental tambahkan larutan tepung lagi), tambahkan air 1-2 gelas, aduk hingga mendidih, tambahkan garam, merica, dan pala, masukan butter, aduk dan masukan jagung manis. matikan api kompor. Setelah kekentalan cukup dan rasanya mantap :) Siapkan soup ke dalam mangkuk-mangkuk berdiameter 10-12 cm jangan terlalu penuh.

2. Preheat Oven 190 Celcius sekitar 3-5 menit, sambil siapkan pastry sheets, olesi pinggiran mangkuk berisi soup cream dengan sedikit kuning telur, tutup dengan pastry sheet, olesi lagi bagian atasnya dengan kuning telur secara merata (ini yang bikin jadi mengkilap)

Tips: Pastikan semua permukaan tertutup pastry sheet dan menempel, karena uap akan mengangkat pastry sheet ke atas (menggembung) dan pastry sheet akan bergerak ke tengah saat mengembang. jika tidak pas, sebagian sisi pastry sheet akan jatuh ke dalam soup dan gagalah puff pastry kita. 

3. Masukan mangkuk soup yang tertutup pastry sheet ke dalam oven 190 celcius selama 20-25 menit, angkat, tunggu 1-2 menit, cream soup dengan puff pastry alias zuppa soup siap dihidangkan. Pasti laku keras..Yummy! ^ ^ v



No comments:

Post a Comment