Monday, September 16, 2013

Pen for most surfaces (fabric, clay, plastic, metal)

Tadi kita sudah membaca Fabric Crayon Review, kali ini kita akan membahas bulpen extra fine yang sudah saya cari sejak lama. Yaitu bulpen yang berguna untuk menggambar di "most surface" seperti kain, clay, plastik dan logam (metal). Mungkin kebanyakan orang mengenal spidol permanen, tapi kebanyakan spidol permanen yang ada tidak terlalu kecil sehingga menyulitkan kita untuk menggambar sesuatu yang detail. (I love details)! Setelah membaca beberapa referensi, akhirnya saya menemukan Pigma Micron Sakura dan Sakura Microperm dan masing masing bulpen ini memiliki keistimewaan. Sukup sulit mencari bulpen ini, karena di gramedia belum tentu ada dan lagi-lagi saya menemukannya di paperclip, itupun stocknya sepertinya terbatas. biasanya bulpen ini digunakan untuk menggambar manga.






Apa bedanya Pigma Micron Sakura dan Microperm Sakura? pada dasarnya semua waterproof tapi keduanya digunakan untuk aplikasi yang berbeda, Pigma Micron Sakura lebih baik digunakan untuk kertas, paperclay, dan kain, sedangkan Microperm lebih baik digunakan untuk permukaan yang licin, seperti plastik dan gelas. mari kita bandingkan

Percobaan pada kain katun: saya menggunakan no.03
Pigma Micron lebih padat dan tegas, sedangkan Microperm lebih meluber di kain (terserap)
setelah dicuci: hasil Microperm memudar, terlihat garis terputus-putus.

dan karena sekalian mencoba, baiklah saya menggabungkan aplikasi Pigma Micron dan Fabric Crayon "Crayola" and I love it.  Lain kali berarti sudah bisa menggambar di atas kain-kain katun yang polos sesuka hati.


Percobaan pada botol akrilik plastik dan botol gelas/kaca: (saya tidak terlalu menekan goresan)
Pigma Micro lebih kabur, sedangkan Microperm lebih jelas 

Pada metal: Sakura Pigma Micron kabur "lihat tulisan kuro", dan Microperm jelas dan cepat mengering.


bagaimanapun untuk ditulis/digambar di atas clay untuk keperluan jewelry atau pajangan, sebaiknya tetap harus dilapisi resin pelapis supaya tetap tahan lama. Dan ini adalah solusi, biasanya saya sedikit kerepotan untuk membuat detail mata pada figure clay yang saya buat, dan Pigma Micron (untuk paper clay) dan Microperm (untuk polimer clay) adalah jawabannya ^ ^ v Happy Crafting








1 comment:

  1. Sis sayang boleh minta link paperclip? Pengen beli juga... makasi sebelumnya :*

    ReplyDelete