Thursday, April 11, 2013

Japanese Cheese Cake


Sudah lama sekali saya mau coba buat japanesse cheese cake, penasaran sama harganya  di toko cake yang sesuatu banget itu. hehe nah 2 minggu lalu waktu mengunjungi toko bahan kue sama suami, lihat ada cream cheese di kulkas toko kue.. hm langsung lapar mata dan beli 250 gram cream cheese. haha.. nah, cream cheese ini udah mendarat di freezer sekitar 2 minggu dan sebagai rasa tanggung jawab sudah dibeliin suami, akhirnya hari ini ada waktu membuatnya.

ohya, japanese cheese cake yang saya buat ini tanpa whiped cream dan rasanya tidak terlalu manis dan tidak eneg (bagi yang suka manis boleh ditambahin gula 20% dari resep dan bagi yang mau lebih nge-cheeze.. yah boleh ditambah 20-30% dari jumlah cream cheese dalam resep), bikin kue itu sebenarnya nggak ribet lho, apalagi kalau berhasil... rasanya benar-benar menyenangkan ^ ^ 

Bahan (saya kelompokan ya pakai A, B, C, dan D) - porsi untuk 4-5 orang (ngemil)

A: 
30 gram Tepung Terigu protein sedang (segitiga biru)
20 gram Maizena

B:
25 gram Butter (bukan mentega ya, tapi butter)
125 gram cream cheese
50 ml susu cair (saya pakai evaporated milk, ini beda ama susu kental manis ya, di toko kue ada kog)

C: 3 Kuning Telur

D:
1 sdm kulit jeruk lemon (parut tipis)
3 putih telur
70 gram gula (saya pakai gula halus/castor sugar)
1/8 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon (pakai yang jenis lemon besar, harumnya..hmm...wangi)
1/4 sdt vanili/ rum (suka-suka yang buat)

caranya:

1. Ayak bahan A, campur & sendirikan
2. Campur dan Lelehkan bahan B (mirip cara melelehkan coklat), aduk rata
3. campur bahan B & C (kuning Telur), kocok hingga mengembang, tambahkan bahan A, kocok lagi dengan kecepatan sedang +- 3 menit. matikan mixer, panaskan oven 170-180 derajat Celcius (ini tergantung oven masing-masing ya) dan masukan 1 loyang kecil yang diisi air setengahnya.
4. Kocok bahan D dengan kecepatan tinggi sampai soft peak 
(jangan sampai kaku/ jangan runcing banget saat diangkat, ini kesalahan saya tadi jadinya waktu keluar dari oven, begitu dingin cheesecakenya sedikit kempes..walaupun tetep enak hehe) -->tips ini dari temen fb saya Sist. Yuni, Batam.  
5. campurkan sepertiga bahan D ke adonan (No.3) aduk rata, lalu mixer dengan kecepatan rendah, kemudian masukan semua sisa bahan D ke adonan dan lanjutkan mixer -+ 3-5 menit.
6. siapkan loyang (saya pakai loyang bundar dia. 20 cm yang bisa dilepas sisinya), alasi dengan kertas roti, olesi dengan sedikit margarin dan taburi sedikit tepung supaya tidak lengket. Tuang adonan, banting-banting loyang perlahan beberapa kali, supaya udara dalam adonan tidak terlalu banyak. Oven selama 40-50 menit, lihat kalau bagian atasnya sudah kuning kecoklatan, angkat (bisa ditest pakai tusuk lidi/tusuk gigi), pastikan cheesecake matang dan stabil, dinginkan sebentar dan beri toping lalu masukan ke kulkas.

Toping (guna toping adalah supaya cheesecake tidak terlalu mengeras/ tetap lembut teksturnya):

Boleh pakai whiped cream yang dioles ke seluruh permukaan lalu diberi toping buah-buahan seperti kiwi, tapi kali ini saya NO Whiped cream (karena memang tidak punya), jadi cukup pakai selai nanas yang halus dan lembut/encer (beda ama selai biasa, ada di toko kue) dan diberi kiwi di atasnya :)

Ohya, mau tau apa itu soft peak silahkan ke blog ini:

Selamat mencoba semua, saya mau menikmati Cheesecake dulu ..hm.. yummy!

No comments:

Post a Comment