Tuesday, February 19, 2013

Surprize Pizza ala kurohouseofcraft

Siapa yang nggak suka Pizza? yang jelas kalau nggak suka ya rugi deh. Udah lama KuroHouseofCraft mau ngeblog tentang resep pizza, tapi nggak sempat-sempat (maaf ya..)
biasanya pizza itu adalah adonan tipis yang di atasnya ditaburi berbagai topping, tapi kali ini saya mau membuat yang berbeda, namanya Surprize Pizza, karena begitu pizza ini digigit.. hm.. pasti surprize banget enaknya!

Bahan roti:
400 gram tepung, ayak
1 sdm ragi
4 sdm susu bubuk
1/2 sdt bread improver (kalau ngga ada gpp)
100 ml air
2 telur 
1/2 sdt garam
1 sdm gula
4 sdm olive oil
1 sdm oregano

Cara membuat roti/adonan
1. Siapkan semua bahan yang kering kecuali ragi, dicampur rata
2. Masukan ragi ke dalam wadah, tambahkan air aduk perlahan, biarkan 5 menit, masukan semua bahan kering (no.1) dan telur, minyak, uleni hingga kalis
3. Diamkan dalam wadah yang tertutup +/- 1 jam

Bahan Isi: 
- 4 slice Smoke Beef, potong sesuai selera
- 2 buah Sosis, iris tipis
- 1 buah Paprika merah, potong kecil2 sesuai selera
- 6 cm potongan keju mozarela, potong dadu
- 4 sdm parutan keju cheddar
- 1/2 sdt merica
- 1 sdm oregano
- (pakai telur rebus yang dipotong2 juga boleh)
- 3 buah jamur Champingon segar, iris tipis (kalau ngga ada pakai jamur kancing kaleng 10 pcs, potong2)
- 1 sdm onion powder
- 4 sdm saus tomat (saya pakai delmonte)
[aduk rata semua bahan isi]

Setelah adonan didiamkan, akan terlihat mengembang, pipihkan adonan, bentuk bundar (3 x lebih lebar dari permukaan loyang) lalu pindahkan dalam loyang persegi yang sudah dilapisi mentega dan tepung. Isi adonan dengan bahan isi, lalu tutup adonan, perhatikan jangan sampai ujung2nya bocor, bagian atas akan lebih tipis sehingga keju mozarela akan sedikit keluar pada saat memanggang (supaya kelihatan menarik), boleh dilapisi dengan  kuning telur supaya terlihat mengkilat, taburi bagian atas dengan  sedikit oregano. Tutup loyang dengan plastik dan diamkan 30 menit, lalu buka tutup dan masukan dalam oven 200 derajat Celsius selama +/- 30 menit (dilihat juga ya tiap 10 menit, tergantung oven masing2), setelah terlihat keemasan dan mengembang, angkat dinginkan +- 10 menit (hangat). Okay, Pizza Surprize siap dihidangkan, dijamin besok semua pada minta lagi dibuatin. :) Happy cooking!



No comments:

Post a Comment